Logo Dialeksis
Beranda / Berita / Aceh / Keren! Kantor Bupati Aceh Tamiang Bangun Lift Khusus Penyandang Disabilitas

Keren! Kantor Bupati Aceh Tamiang Bangun Lift Khusus Penyandang Disabilitas

Jum`at, 21 Februari 2020 11:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : M. Hendra Vramenia

Lift yang berada di kantor Bupati dan akan diresmikan pada Rabu mendatang. (Foto : Hendra)


DIALEKSIS.COM | Aceh Tamiang - Meski hanya berkonstruksi dua lantai, kantor Bupati Aceh Tamiang segera dilengkapi lift khusus bagi penyandang disabilitas. Dengan begitu, penyandang disabilitas tidak susah lagi naik tangga, jika ada keperluan di kantor bupati.

Lift ini dibangun di sisi kiri kantor atau persis di sebelah tangga menuju lantai dua. Banyak pihak yang mengkritisi pembangunan ini karena dinilai tidak efisien dan menghabiskan anggaran.

Bupati Aceh Tamiang Mursil sendiri mengakui pembangunan lift di kantor bupati tidak sembarangan karena ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. “Ya ada persyaratannya, kalau cuma dua lantai sebenarnya untuk apa lift, kan begitu,” kata Mursil. kepada Dialeksis.com, Jumat (21/2/2020).

Namun ada alasan lain yang mendasari pembangunan alat angkut vertikal ini. Mursil menjelaskan kalau merujuk dari kondisi fisik gedung yang hanya dua lantai, kantor Bupati Aceh Tamiang memang tidak layak memiliki lift. Tapi pembangunan lift itu ditujukan untuk masyarakat penyandang disabilitas.

“Lift itu untuk warga disabilitas, warga yang sudah lanjut usia. Jadi kalau ada urusan di kantor bupati, tidak susah lagi naik-naik tangga. Mereka juga punya hak datang ke kantor bupati,” terang Mursil.

Meski diperuntukan bagi penyandang disabilitas, Mursil tidak melarang ASN memanfaatkan fasilitas ini sebagai penunjang kerja. Bahkan dengan sedikit bercanda, mantan Kanwil BOn Aceh itu, mempersilahkan bagi warga yang penasaran dengan lift datang ke kantor bupati untuk mencobanya.

“Siilahkan dicoba, biar tidak penasaran. Lagian inikan bukan barang mewah lagi, memang kebutuhan,” ujarnya.

Tapi untuk sementara lift ini belum bisa digunakan karena masih ada bagian yang harus diselesaikan. Rencananya penggunaan lift akan diresmikan bupati pada Rabu (26/2/2020) mendatang. (MHV)

Editor :
Zulkarnaini

dalimi
utu lebaran
Komentar Anda
hendri budian