Beranda / Berita / Aceh / Kepala Diskominfo Simeulu Ajak Mahasiswa/i Magang MBKM UTU Kenali Keprotokolan

Kepala Diskominfo Simeulu Ajak Mahasiswa/i Magang MBKM UTU Kenali Keprotokolan

Jum`at, 04 Februari 2022 12:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Bertempat di gedung Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Simeulu, digelar rangkaian acara lepas sambut Peserta Magang Meredeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) mahasiswa/I Prodi Ilmu komunikasi FISIP UTU, Kamis, (3/2/2022). [Foto: Dialeksis]


DIALEKSIS.COM | Simeulu - Bertempat di gedung Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Simeulu, digelar rangkaian acara lepas sambut Peserta Magang Meredeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) mahasiswa/I Prodi Ilmu komunikasi FISIP UTU, Kamis, (3/2/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Diskominfo Simeulu, Ali Muhayatsyah, SH, Supervisor magang MBKM dari Dinas Kominfo Simeulu, para kasie dijajran Diskominfo, Dosen Pendamping Lapangan (DPL) Magang MBKM UTU 2022, Said Fadhlain, S. IP., M.A, Kepala Baitul Mal Kabupaten Simeulu, Raswiyadi, M.A, mahasiswa/I prodi Ilmu komunikasi FISIP UTU sebagai peserta Magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) tahap ketiga 2022, serta siswa.i SMK Simeulu sebagai peserta praktek lapangan.

Dalam penyampaian materi tentang Keprotokolan, Ali Muhayatsyah, SH, selaku Kadis Kominfo Simeulu, mengajak serta serta adek-adek mahasiswa dan siswa/I, untuk lebih dekat mengenali salah satu dari kajian kehumasan dalam perkuliahan yaitu Keprotokolan.

“Secara hatfiah, Keprotokolan atau protokoler dimaknai sebagai aktifitas keseharian yang melembaga dimana pelaksanaannya dikelola dan diatur secara professional,” ucapnya.

Sehingga, kata Ali, kehadiran Keprotokolan menjadi sangat urgen dan strategis, khususnya dalam pengelolaan dan pengaturan aktifitas suatu kelembagaan.

“Seorang protokoler dituntut, tidak saja dalam ketrampilan individual, kepekaan dan tanggap situasi, juga kemampuan dalam berkolaborasi dan bersinergi dengan komponen lainnya,” tambahnya.

Untuk itu, lanjutnya, potensi ini tentunya dimiliki oleh adek-adek yang hadir diruangan ini, baik adek-adek mahasiswa Komunikasi FISIP UTU, maupun adek-adek siswa/I yang masih duduk dibangku SMA/SMK di Pulau Simeulu.

Diakhir, paparannya, Ali Muhayatsyah, SH, mengucapkan terima kasih kepada Cici yang telah menyelesaikan magangnya priode lalu, serta berharap untuk dapat menerapkan ilmu yang telah diperolehnya selama ini.

Pada kesempatan yang sama, Said Fadhlain, S. IP, selaku DPL Magang BMKM UTU 2022, menyampaikan apresiasi kepada kepala dinas Kominfo beserta jajarannya, atas kesempatan berharga bagi adek-adek mahasiswi prodi Ilmu Komunikasi FISIP UTU dalam satu tahun terakhir ini.

Pelaksanaan magang itu sendiri berlangsung selama enam bulan lamanya, terhitung sejak bulan Agustus 2021 s/d Februari 2022 untuk tahap keduaserta bulan Februari s/d Agustus 2022 untuk pelaksanaan Magang BMKM tahap ketiga.

Jarak waktu yang panjang ini, selain memberikan bekal pengalaman ketrampilan dalam berinisiatif, kreatifitas serta inovatif, sekaligus nilai tambah tentang pentingnya kedisiplinan, tanggung jawab, bersinergi dan berkolaborasi saat terjun ditengah-tengah masyarakat kelak.

Melihat begitu antusianya adek-adek mahasiswa, adek-adek siswa/I SMK, serta kepala Baitul Mal Simeulu, Raswiadi, M.A, semakin mempertegas sikap optimistik, tidak saja bagi kalangan pendidik, juga khususnya bagi adek-adek mahasiswa.i prodi ilmu komunikasi bahwa program Magang BMKM Kementerian Pendidikan dan kebudayaan RI merupakan wadah untuk mengasah sekaligus mempertajam potensi diri yang dimiliki, guna beradaptasi dengan dunia pekerjaan.

Sebagaimana diketahui bahwa Universitas Teuku Umar merupakan wadah Source of Refferensi, Source of Inspitration. Rangkaian acara lepas sambut peserta Magang MBKM Universitas Teuku Umar tahap ketiga 2022, diakhiri dengan penyerahan sertifikat magang oleh kepala Diskominfo Simeulu kepada mahasiswi peserta magang tahap kedua, yaitu Cici Sri Ulandari. Selanjutnya penyerahan sertifikat oleh Said Fadhlain, S. IP., sebagai DPL Magang BMKM kepada Ali Muhayatsyah selaku kepala Diskominfo kabupaten Simeulu. []

Keyword:


Editor :
Alfatur

kip
riset-JSI
Komentar Anda