Beranda / Berita / Aceh / Kapolda Aceh Irjen Wahyu Widada, Sosok yang Digadang-gadang Jadi Kabareskrim

Kapolda Aceh Irjen Wahyu Widada, Sosok yang Digadang-gadang Jadi Kabareskrim

Jum`at, 22 Januari 2021 17:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : Roni
Kapolda Aceh, Irjen Pol Wahyu Widada. [IST]

DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Kapolda Aceh Irjen Pol Wahyu Widada dikabarkan masuk bursa Kabareskrim Polri usai Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo mengikuti uji kelayakan dan keaptutan sebagai Kapolri di DPR RI beberapa waktu lalu.

Selain Wahyu, tiga nama lainnya yang muncul sebagai kandidat Kabareskrim yakni Irjen Nico Alfinta (Kapolda Jatim), Irjen Dofiri (Kapolda Jabar), dan Irjen Wahyu Adhinigrat (Wakabareskrim). Hal itu disampaikan Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Neta S Pane melalui keterangan tertulisnya, Kamis (21/1/2021).

Irjen Wahyu Widada menjadi paling menonjol dan kerap dibicarakan publik karena dipercaya sebagai Ketua Tim Naskah Komjen Listyo Sigit Prabowo untuk makalah berjudul 'Transformasi Menuju Polri yang Presisi: Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan', yang dibacakan Sigit dalam uji kepatutan dan kelayakan calon Kapolri di Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (20/1/2021) lalu.

Diketahui sebelumnya, Irjen Pol Wahyu Widada diangkat menjadi Polda Aceh menggantikan Irjen Pol Drs Rio Septianda Djambak. Hal ini disampaikan melalui Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/385/II/KEP/2020 Tanggal 3 Februari 2020.

Wahyu lahir di Sleman pada 11 September 1969. Sebelum menjadi Kapolda Gorontalo (2019), ia juga sempat menjabat sebagai Wakapolda Riau (2018).

Irjen Pol Wahyu Widada juga merupakan Adhi Makayasa atau lulusan terbaik Akademi Kepolisian (Akpol) 1991 dan satu angkatan dengan Komjen Listyo Sigit Prabowo di Akpol.

Editor :
Sara Masroni

riset-JSI
Komentar Anda