demokrat muslim
Beranda / Berita / Aceh / Kanwil Kemenag Aceh Terima 1 Ekor Kurban dari BSI

Kanwil Kemenag Aceh Terima 1 Ekor Kurban dari BSI

Jum`at, 08 Juli 2022 17:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Foto: Kemenag Aceh

DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh Dr H Iqbal SAg MAg mengajak jajaran ikuti ketetapan pemerintah, baik untuk ikuti libur Idul Adha dan tambahan cuti lebaran, maupun untuk saling hormat menghormati atas adanya perbedaan pelaksanaan Idul Adha 1443 H/2022 M.

Harapan Kakanwil ini disampaikan dalam rangkaian pengajian rutin dan doa bersama jumatan di mushalla, Jumat (8/7/2022). Pengajian dan doa dipandu Ustadz Azhar MA, Subkoordinator di Bidang PHU.

Di hadapan Kabag TU, para Kabid dan jajaran, Kakanwil sampaikan bahwa ASN Kemenag se Aceh, akan ikuti jadwal libur lebaran, pada Ahad 10 Juli 2022, ditambah libur cuti dua hari setelahnya, Senin-Selasa (11-12 Juli 2022).

Namun, sambung Kakanwil, untuk mengganti libur cuti lebaran, ASN wajib mengganti hari kerja pada hari-hari Sabtu mendatang (23 Juli dan 6 Agustus 2022), sesuai aturan, sesuai SE Gubernur Aceh.

Terkait dengan adanya perbedaan pelaksanaan Idul Adha 1443 H antara Pemerintah Arab Saudi dan Pemerintah Indonesia, Kakanwil Dr Iqbal juga sampaikan, terhadap perbedaan ini, kita untuk saling menghargai dan saling memahami.

Pada Idul Adha tahun ini, wukuf di Arafah berlangsung pada Jumat 8 Juli 2022, dan Idul Adha di Saudi pada Sabtu 9 Juli 2022.

Sementara di Indonesia sudah ditetapkan, Idul Adha 1443 H, jatuh pada Ahad 10 Juli 2022.

Kakanwil juga sampaikan pelaksanaan ibadah qurban, serta harapan untuk terus tingkatkan spirit berqurban.

Tahun ini jajaran Kanwil, Alhamdulillah mampu mengumpulkan hewan qurban sebanyak 7 ekor lembu.

"Semoga di tahun-tahun mendatang akan lebih banyak lagi yang ikut berqurban," harapnya dalam sambutan, sebelum menerima kedatangan pihak manajemen Bank Syariah Indonesia (BSI) untuk serahkan hewan qurban untuk Kanwil.

Juga Kakanwil kembali mengajak jajaran aktif dalam agenda pengajian dan agenda lainnya.

"Kami mengajak jajaran ikuti pengajian dua jumatan. Pengajian ini penting di samping ibadah dan doa, juga bentuk kebersamaan kita untuk menjalankan agenda lembaga yang telah kita sepakati bersama," ajaknya, seraya mengisyaratkan akan ada pendekatan bagi ASN yang tidak ikut pengajian.

Selanjutnya Kabid Urais Drs H Azhari laporkan perkembangan pelaksanaan qurban 1443 H di Kanwil.

"Alhamdulillah tahun ini jajaran Kanwil bisa menyembelih sebanyak 7 ekor, dari kumpulan para pengqurban 49 orang," lapornya.

Menurut rencana, 1 ekor akan disumbangkan pada satu kampung yang akan ditentukan.

Pihak Bank Syariah Indonesai (BSI) Banda Aceh juga ikut menyumbangkan 1 ekor qurban untuk disembelih di Kanwil. Sehingga jumlah hewan qurban di Kanwil tetap 7 ekor.

Kakanwil menerima dokumen qurban dari manajemen BSI di mushalla, didampingi Kabag TU dan para Kabid. Sedangkan hewan qurban akan disusulkan pada Senin sore, 11 Juli 2022.

Penyerahan dilakukan Busines Manager KC Aceh Diponegoro Earlyan Baihaqy, didampingi Area Funding and Transaction Manager Deddy Sunandar Mahfuz, Area Operation and Service Manager Muzakkir, dan Funding and Transaction Staff KC Aceh Diponegoro Novri Mihardi.

Penyembelihan 6 ekor hewan qurban bersama dengan sumbangan 1 ekor sumbangan BSI akan dilakukan Selasa, 12 Juli 2022 di halaman seba guna Kanwil. [KA]

Keyword:


Editor :
Indri

dispora, ksp, perpadi
Komentar Anda