Beranda / Berita / Aceh / Ikmal Harap Radio Rimba Raya Diakui Sejarahnya Baik Internasional Maupun Nasional

Ikmal Harap Radio Rimba Raya Diakui Sejarahnya Baik Internasional Maupun Nasional

Senin, 19 Desember 2022 14:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : Auliana Rizky

[Foto: SS Youtube Jalan Ary Official]


DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Radio Rimba Raya berperan penting dalam sejarah mempertahankan kemerdekaan pada masa agresi militer Belanda ke-ll. Radio ini yang mengabarkan ke dunia bahwa Indonesia masih ada, lengkap dengan pemerintahannya.

Lokasi Radio Rimba Raya terletak di Kampung Rimba Raya, Kecamatan Pintu Rime Gayo, Kabupaten Bener Meriah, Aceh. Tempat ini sekarang menjadi salah satu destinasi wisata di dataran tinggi Gayo. Di lokasi tersebut, dibangun tugu menjulang tinggi. Tugu Perjuangan Radio Rimba Raya ini diresmikan Menteri Koperasi/Kepala Badan Logistik, Bustanil Arifin pada 27 Oktober 1987.

Radio Rimba Raya adalah salah satu media komunikasi pada tahun 1948 yang merupakan Radio Republik Indonesia darurat, Radio Rimba Raya berperan sangat besar terhadap kelangsungan pemerintahan Republik Indonesia dan menjadi penyelamat Indonesia, dan satu-satunya radio yang menyuarakan keberadaan Indonesia, setelah RRI Yogyakarta jatuh ke tangan Belanda pada 19 Desember 1948.

Melalui radio inilah disiarkan pesan-pesan perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Karena pada saat itu Yogyakarta yang merupakan ibu kota Pemerintahan Darurat Republik Indonesia telah dikuasai Belanda. Radio in memiliki panggilan sinyal: "Suara Radio Republik Indonesia", "Suara Indonesia Merdeka", "Radio Rimba Raya", "Radio Divisi X", "Radio Republik Indonesia".

Selanjutnya »     Dalam hal ini, Sutradara Film Dokumenter...
Halaman: 1 2 3
Keyword:


Editor :
Alfatur

kip
riset-JSI
Komentar Anda