Beranda / Berita / Aceh / HUT RI Ke-77, Rektor UTU Harap Momentum Kemerdekan Jadi Awal Pemulihan Ekonomi

HUT RI Ke-77, Rektor UTU Harap Momentum Kemerdekan Jadi Awal Pemulihan Ekonomi

Rabu, 17 Agustus 2022 20:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : Nora

Rektor Universitas Teuku Umar, Dr Ishak Hasan MSi. [Foto: Ist]


DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Peringatan HUT RI ke 77 yang dilaksanakan pada hari ini 17 Agustus 2022 menjadi momen bangsa untuk memperkuat diri agar Indonesia semakin bangkit dan maju. Pada peringatan kali ini mengusung tema “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.   

Rektor Universitas Teuku Umar periode 2022-2026, Dr. Ishak Hasan, M.Si berharap momentum hari kemerdekaan ke-77 ini pergerakan ekonomi Indonesia dan kehidupan sosial masyarakat semakin baik.

Kemudian, lanjutnya, selama ini pertumbuhan domestik juga semakin membaik.

“Selanjutnya kita harus mempertahankan slogan Bhinneka Tunggal Ika karena itu dasar kita berbangsa dan bernegara, kita tidak boleh membedakan suku, ras dan agama,” kata Dr Ishak kepada Dialeksis.com, Rabu (17/8/2022).

Di usia 77 tahun, menurutnya, Indonesia perlu segera mewujudkan industrialisasi substitusi impor (ISI), yaitu kebijakan perdagangan dan ekonomi yang mendukung penggantian barang impor asing dengan barang produksi dalam negeri.

Langkah ini dijalankan untuk mendorong kontribusi sektor manufaktur terhadap ekonomi nasional dan juga mendorong ekspor.

Substitusi impor juga mendorong peningkatan utilitas industri domestik, peningkatan investasi, dan utamanya akselerasi program hilirisasi.

Kebijakan susbstitusi impor secara perlahan mengurangi ketergantungan tersebut dan membuka ruang bagi adanya hilirisasi yang menghasilkan produk-produk hilir substitusi impor. Selama beberapa tahun terakhir ini, pemerintah berupaya memperkuat tatanan sektor manufaktur nasional.(Nor)

Keyword:


Editor :
Akhyar

kip
riset-JSI
Komentar Anda