Logo Dialeksis - Masker
Beranda / Berita / Aceh / Gubernur akan Resmikan Masjid Bantuan Masyarakat Aceh di Palu

Gubernur akan Resmikan Masjid Bantuan Masyarakat Aceh di Palu

Sabtu, 21 November 2020 21:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Masjid Nurul Hasanah Aceh di Palu (foto/dok)

DIALEKSIS.COM| Banda Aceh - Bantuan masyarakat Aceh untuk membangun masjid di di Kelurahan Pengawu, Kota Palu, Sulawesi Tengah membuahkan hasil. Kini masjid itu sudah rampung dan dijadwalkan besok akan diresmikan Gubernur Aceh.

 Palu dilanda gempa dan tsunami pada September 2018 lalu. Masyarakat Aceh bahu membahu menyalurkan sumbangan untuk mendirikan masjid di sana. Peletakan batu pertama masjid di Palu ini dilakukan Nova Iriansyah pada 13 Februari 2019 lalu.

Kini masjid Nurul Hasanah Aceh yang terletak di Jalan Padanjakaya, Kelurahan Pengawu, Kecamatan Tatanga, Kota Palu, sudah selesai dibangun. Dijadwalkan besok akan diresmikan gubernur Aceh, sebut Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh Muhammad Iswanto di Banda Aceh pada Sabtu (21/11/2020).

"Pak Gubernur insyaallah akan meresmikan secara langsung Masjid Nurul Hasanah Aceh di Kelurahan Pengawu, Kota Palu, pada Minggu besok," ujar Iswanto.

Menurutnya, peresmian masjid bantuan rakyat Aceh ini setelah melalui proses pembangunan yang peletakan batu pertamanya dilakukan Nova Iriansyah pada 13 Februari 2019 lalu.

Peresmianya, menurut Iswanto, dijadwalkan akan dihadiri langsung oleh Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola. Masjid Nurul Hasanah Aceh dibangun dengan luas 20x20 meter persegi pada bekas masjid lama yang ambruk akibat gempa.

Masjid yang dibangun rakyat Aceh setelah di negeri Palu diamuk gempa dan tsunami, merupakan masjid dengan desian perpaduan rumah adat Palu dan Aceh. Masjid yang menjadi saksi, ada nuansa Aceh di Palu. (baga)

Editor :
Redaksi

riset-JSI
Komentar Anda