demokrat muslim
Beranda / Berita / Aceh / Gelar Bimtek SPIP, Kepala BPKS: Bukan Sekedar Formalitas, Tapi Wujudkan Good Governance

Gelar Bimtek SPIP, Kepala BPKS: Bukan Sekedar Formalitas, Tapi Wujudkan Good Governance

Selasa, 21 September 2021 12:00 WIB

Font: Ukuran: - +

BPKS menggelar Bimtek SPIP terintegrasi tahun 2021 selama dua hari, Selasa-Rabu (21-22/9/2021). [Foto: dok. BPKS]

DIALEKSIS.COM | Sabang - Dalam rangka meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dan sistem pengendalian internal, Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) melalui Kedeputian Pengawasan Internal (SPI) menggelar bimbingan teknis (bimtek) Penilaian Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah Terintegritas (SPIP) Tahun 2021.

Bimtek tersebut dilaksanakan selama dua hari, sejak Selasa (21/9/2021) hari ini hingga esok Rabu (22/9/2021) di Kantor Pusat BPKS, diikuti 55 peserta dari unsur Eselon I, II dan III.

Kegiatan itu diharapkan akan meningkatkan pemahaman mengenai pedoman terbaru mengenai SPIP dan meningkatkan tingkat maturitas kelembagaan BPKS dan akan sangat berguna bagi pejabat pemilik kegiatan di lingkungan BPKS yang terintegrasi serta  harus menyesuaikan dengan kondisi pembaharuan yang ada.

Selain dihadiri langsung oleh Deputi pengawasan Zamzami, Deputi Tekbang dan Tataruang Azwar Husein, Deputi Komersial dan Investasi Erwanto, turut hadir dalam prosesi pembukaan Bimtek tersebut Kepala BPKS Iskandar Zulkarnain, Deputi Umum Abdul Manan, Kepala Kantor BPKS perwakilan Banda Aceh dan Jakarta yang hadir secara daring (virtual).


Kepala BPKS, Iskandar Zulkarnain menekankan, Bimtek penilaian maturitas penyelenggaraan SPIP terintegrasi dan penyusunan SOP pengawasan bidang kinerja kelembagaan BPKS bukan merupakan sebuah acara serimoni biasa. Namun merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja dalam rangka mewujudkan good governance dan clean government.

"Penerapan SPIP bukan sekedar formalitas dalam memenuhi suatu ketentuan peraturan perundang-undangan, tetapi SPIP terintegrasi (new spip) harus diterapkan sebagai suatu budaya/kultur pengendalian (control culture) yang menjadi bagian dari budaya kerja suatu organisasi dalam rangka meningkatkan kinerja untuk lebih menginternalisasi dan mengaktualisasikan proses penyelenggaraan penilaian maturitas,” tegas Iskandar saat memberikan sambutan, Selasa (21/9/2021).

Dalam bintek SPIP tahun 2021 ini, BPKS menghadirkan narasumber dari BPKP RI, Suyarsih Fifi Herwati Direktur Pengawasan Bidang Kerjasama Investasi dan Pembiayaan Pembangunan, Ryzal Hendra Hamdika Auditor Pelakasana, Imam Yunarto Kepala Sub direktorat pengawasan, Nur Fajri Auditor muda serta Isnan Rahmanto Auditor Madya dan Moderator Linda Bisyerka. [rls]

Keyword:


Editor :
Indri

dispora, ksp, perpadi
Komentar Anda