Dialeksis - Akurat, Tajam, dan Strategis
Beranda / Berita / Aceh / Fakultas Teknis Unsyiah Gelar Konferensi Internasional

Fakultas Teknis Unsyiah Gelar Konferensi Internasional

Sabtu, 21 September 2019 23:41 WIB

Font: Ukuran: - +


DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Jurusan Teknik Mesin dan Industri (JTMI), Fakultas Teknik (FT) Unsyiah menyelenggarakan konferensi Internasional bertajuk  “International Conference On Experimental And Computational Mechanics In Engineering (ICECME) 2019” Pada tanggal 18 dan 19 September 2019 bertempat di Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.

Topik-topik yang akan dibahas pada ICECME 2019 meliputi computational mechanics, metallurgy and material science, energy dan manufacturing processes and systems. sebanyak lebih dari 60 makalah akan berpartisipasi dalam ICECME 2019, yang berasal dari penulis lokal dan internasional. Makalah yang diterima dan telah dipresentasikan akan diterbitkan pada jurnal ilmiah Key Engineering Materials (KEM) yang diterbitkan oleh Trans Tech Publisher dan deindex oleh Scopus.


Konferensi ini sendiri dilatar belakangi oleh revolusi industri 4.0.  

“Hari ini, revolusi industri keempat mengubah ekonomi, pekerjaan, dan bahkan masyarakat itu sendiri. Teknologi fisik dan digital yang digabungkan melalui analitik, kecerdasan buatan, teknologi kognitif, dan internet telah menciptakan perusahaan digital yang saling terkait dan mampu menghasilkan keputusan yang lebih tepat. Revolusi ini menanamkan teknologi  cerdas dan terhubung tidak hanya di dalam industri, tetapi juga dalam aktivitas manusia sehari-hari. Ini ditandai dengan penggunaan teknologi digital dan informasi dalam perbelanjaan rumah tangga, keamanan lingkungan, manajemen pendidikan, penjagaan kesehatan, dan gaya hidup seperti olah raga dan rekreasi.”  Ujar Ketua Pelaksana, Dr. Ir. Mohd. Iqbal, M.T.

Industri 4.0 yang bertujuan untuk mencapai kestabilan distribusi barang dan permintaan memungkinkan pendataan kebutuhan masyarakat secara real time. Dengan demikian, para produsen dapat memproduksi dengan jumlah yang tepat sesuai kebutuhan. Tentunya hal ini dapat menurunkan biaya produksi, menghemat sumber daya dan memperluas pasar. Produk-produk berkualitas menjadi lebih murah dan dapat menjangkau konsumen di tempat-tempat yang jauh dalam waktu yang singkat.

Selain meningkatkan efesiensi dan memperluas pasar, kemajuan teknologi industri juga meningkatkan kebutuhan akan produk-produk pendukung produksi dalam berbagai bidang, seperti material, energi, teknologi pembuatan dan konstruksi. Persaingan dagang yang sebelumnya hanya didominasi oleh aktivitas pemasaran, meluas secara drastis kepada pengembangan dan inovasi teknologi. Hal ini telah meningkatkan aktivitas penelitian dan pengembangan  pada industri, lembaga riset dan perguruan tinggi.

Konferensi ini menghadirkan Keynote Speaker (Pembicara Kunci). Prof. Dr.Ing Yulfian Aminanda C-Eng (I-MECHE UK) (Mechanical Engineering Department, Faculty of Engineering, UTB Brunei Darussalam)

(pd)


Editor :
Pondek

Komentar Anda