Beranda / Berita / Aceh / DSI Banda Aceh Gencarkan Dakwah Online Saat Pandemi

DSI Banda Aceh Gencarkan Dakwah Online Saat Pandemi

Sabtu, 28 November 2020 11:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Plt. Kepala Dinas Syariat Islam kota Banda Aceh, Ridwan Ibrahim, S.Ag, M.Pd. [Foto: Diskominfotik Banda Aceh]



DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Dinas Syariat Islam Kota Banda Aceh gencar syiar dakwah online saat pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) dalam rangka meningkatkan pemahaman dan pengamalan agama bagi masyarakat di kota Banda Aceh.

Hal ini dinilai efektif, mengingat masyarakat banyak beraktivitas di rumah dan adanya instruksi pemerintah untuk menghindari keramaian.

Plt. Kepala Dinas Syariat Islam kota Banda Aceh, Ridwan Ibrahim, S.Ag, M.Pd mengatakan, program ini juga implementasi dari misi Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman dalam meningkatkan pelaksanaan Syariat Islam dalam bidang penguatan aqidah, akhlak, ibadah, muammalah dan syiar Islam.

“Dakwah online juga memiliki keunggulan diantaranya, siaran dakwah dapat diakses melalui media sosial kapan saja. Selain itu, dapat dipilah segmentasi pemirsanya dan jangkauannya pun tidak terbatas serta dapat ditonton kapan saja,” ujarnya, Jumat (27/11/2020).

Dakwah online dilakukan dengan memanfaatkan media sosial (medsos) sebagai alat penyebarannya, dakwah online juga dinilai mampu menjangkau seluruh lapisan masyarakat muslim yang haus siraman rohani. 

“Artinya, tanpa bertatap muka secara langsung pun, substansi dakwah dapat tersampaikan secara baik,” ungkapnya.

Lebih lanjut, inovasi ini dilahirkan saat pemerintah menginstruksikan masyarakat untuk menghindari keramaian, sehingga dakwah online merupakan terobosan Dinas Syariat Islam yang efektif dilakukan di masa pandemi Covid-19.

Program ini lahir untuk menjawab kebutuhan rohani kaum muslimin di masa pandemi dengan channel media sosial YouTube DSI Kota Banda Aceh TV, dengan tema yang berbeda di setiap sesinya seperti syariah, fiqih dan muamalah dengan melibatkan sejumlah Dai perkotaan Banda Aceh.

“Insya Allah dakwah olnine ini dapat memberikan kontribusi dalam pengambangan syariat islam di Kota Banda Aceh,” pungkas Ridwan.(TM/Hz)

Editor :
Indri

riset-JSI
Komentar Anda