Dialeksis - Akurat, Tajam, dan Strategis
Beranda / Berita / Aceh / Dinsos Evaluasi Dana PKH Aceh

Dinsos Evaluasi Dana PKH Aceh

Selasa, 21 Mei 2019 20:00 WIB


DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Dinas Sosial (Dinsos) Aceh menggelar Rapat Koordinasi Program Keluarga Harapan (PKH) tingkat Provinsi Aceh di Hotel Oasis, Senin (20/5/2019). Program Keluarga Harapan adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH. PKH merupakan upaya percepatan penanggulangan kemiskinan.

Kepala Dinas Sosial Aceh, Alhudri, menyebutkan program ini sejak 2016 sudah ada dan masyarakat Aceh yang sudah terbantu dengan dana PKH sebanyak 295.000 orang.

"Tahun ini, dana melalui kegiatan PKH mencapai 4 triliun rupiah," sebutnya.

Menurut Alhudri anggaran tersebut tidak tercatat di kas daerah, tapi langsung ke rekening masyarat yang berhak menerimanya sesuai persyaratan.

"Program ini sudah terbukti untuk bantuan sosial yang paling efektif di Indonesia, namun pelaksanaan yang terjadi di lapangan masih terkendala," jelasnya.

Kegiatan ini bertujuan membahas hasil monitoring evaluasi yang telah dilaksanakan di beberapa kabupaten kota. Kemudian juga memantau kinerja pendamping PKH yang melakukan pendampingan di lapangan.

Dari hasil pantauan, masih terkendala dalam menyalurkan bantuan sosial. Alhudri mengingatkan untuk tidak main-main dengan dana ini karena Dinas Sosial Aceh sudah berkerjasama dengan polri terkait permasalahan dan kendala yang terjadi di berbagai daerah.

"Kepada Dinas Sosial kabupaten dan kota untuk aktif memonitoring dan terus mengawasi jika kasus pemotongan dana PKH oleh pendamping," tegasnya. (jl/ri)


Editor :
Indri

universitas teuku umar
Komentar Anda