Dialeksis - Akurat, Tajam, dan Strategis
Beranda / Berita / Aceh / Deah Mamplan Juara I Debat Aparatur Gampong

Deah Mamplan Juara I Debat Aparatur Gampong

Kamis, 14 Maret 2019 21:00 WIB

Kegiatan Debat Aparatur Gampong yang diinisiasi oleh SP Aceh. 

DIALEKSIS.COM | Aceh Besar - Dalam rangka memperingati Hari Perempuan Sedunia yang jatuh setiap tanggal 8 Maret, Solidaritas Perempuan (SP) Bungoeng Jeumpa Aceh menyelenggarakan serangkaian kegiatan.

Puluhan warga bersama aparatur dari 5 gampong se-Kecamatan Lhoknga dan Leupung, Aceh Besar ikut berpartisipasi dalam kegiatan Debat Perempuan Pemimpin dan Debat Aparatur Gampong yang diselenggarakan di ruang UDKP Kantor Camat Lhoknga, 10-11 Maret 2019.

Debat Aparatur Gampong bertema “inovasi dalam upaya pemberdayaan dan perlindungan perempuan oleh aparatur gampong” menghadirkan perwakilan aparatur masing-masing gampong, seperti Geuchik, Sekretaris Desa, Tuha Peut, Tuha Lapan, Kaur Pemerintahan, dan lainnya.

Kegiatan debat ini dilaksanakan pada Senin (11/3/2019) dan peserta dari aparatur gampong diminta memaparkan apa saja kebijakan dan sikap yang telah dan akan mereka ambil, menyikapi mekanisme penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di tingkat gampong, keterlibatan perempuan dalam pengambilan kebijakan di gampong, dan kepimpinan perempuan.

Bicara kepemimpinan perempuan, misalnya. Beberapa aparatur tidak sepenuhnya mendukung kepemimpinan perempuan. Hal itu didorong beberapa faktor, adanya penafsiran agama bahwa perempuan tidak pantas memimpin.

Untuk perdebatan terkait sumberdaya alam dan perusahaan di Aceh, respon para aparatur akan meninjau terlebih dahulu apakah perusahaan tersebut memenuhi syarat atau tidak sesuai amdal, ramah lingkungan serta meminta warga setempat menjadi karyawan menurut tingkat pendidikannya. Namun penting sekali juga melihat jangan sampai masyarakat dirugikan dan lebih menguntungkan bagi perusahaan.

Pembahasan lain berkaitan dengan kasus perkosaan. Sebahagian pandangan aparatur gampong, kejadian tersebut diakibatkan karena pakaian perempuan menggoda. Namun, pendapat lain bahwa korban perkosaan harus mendapatkan perlindungan karena peristiwa tersebut sangat merugikan korban dan perlu penanganan secara serius karena berdampak pada psikologi korban.

Debat aparatur gampong diakhiri dengan pengumuman juara. Gampong Deah Mamplan dinobatkan sebagai juara I, Gampong Meunasah Lambaro juara II, dan Gampong Moncut juara III. (rel)


Editor :
Indri

pelantikan pengurus PSC (TNI)
Komentar Anda