Logo Dialeksis - Masker
Beranda / Berita / Aceh / Cuaca Ekstrem, Warga Diminta Waspada Bencana

Cuaca Ekstrem, Warga Diminta Waspada Bencana

Minggu, 11 Oktober 2020 11:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Ilustrasi

DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait cuaca ekstrem selama sepekan ini. Masyarakat diminta tetap waspada dan hati-hati dengan perubahan cuaca ini.

Peringatan dikeluarkan setelah BMKG mendeteksi adanya bibit siklon tropis 91 W di wilayah Teluk Thailand bagian timur.

Bibit siklon tropis 91 W tersebut bisa memicu hujan dengan intensitas tinggi sehingga warga di sejumlah wilayah di Indonesia diimbau untuk waspada.

Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto dalam keterangan tertulisnya mengatakan Siklon tropis 91W ini terpantau di Teluk Thailand bagian timur yang membentuk pertemuan atau perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Aceh hingga Selat Malaka.

Selain itu, juga terpantau bibit siklon tropis 92W di Filipina bagian utara yang membantuk konvergensi memanjang dari Kalimantan Tengah dan Laut Sulu.

"Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di sekitar bibit siklon 91W dan 92W, serta di sepanjang daerah konvergensi tersebut seiring dengan arah gerak kedua bibit siklon tropis ke arah barat," jelas Guswanto.

Ia juga menambahkan, sirkulasi siklonik terpantau di perairan barat Bengkulu yang membentuk daerah-daerah konvergensi yang memanjang dari Laut Jawa bagian barat hingga perairan barat Bengkulu.

Sirkulasi siklonik lainnya ternyata juga ditemukan BMKG di perairan utara Papua.

"Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan disepanjang daerah konvergensi tersebut," ujarnya.

Berdasarkan analisis beberapa fenomena atmosfer yang disebutkan, BMKG memprediksikan hari ini dan besok, hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang berpotensi terjadi.

Editor :
Zulkarnaini

Berita Terkait
    riset-JSI
    Komentar Anda