Dialeksis - Akurat, Tajam, dan Strategis
Beranda / Berita / Aceh / Besok, Kemenag Aceh Gelar Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Provinsi

Besok, Kemenag Aceh Gelar Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Provinsi

Selasa, 13 Agustus 2019 21:00 WIB


DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh melalui Bidang Pendidikan Madrasah akan menggelar Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Provinsi Aceh Tahun 2019 di Asrama Haji, Banda Aceh, Besok, Rabu (14/8).

KSM Provinsi dilaksanakan secara serentak seluruh Indonesia pada tanggal 15 Agustus 2019. Untuk tingkat provinsi Aceh dilaksanakan di kota Banda Aceh.

Hal ini disampaikan Kabid Penmad, Drs H Idris MPd didampingi Kasi Kesiswaan, Dra Qadriah, MPd di Banda Aceh, Selasa (13/8).

"Untuk pembukaan insyaallah akan dilaksanakan besok siang, untuk kompetisinya pada tanggal 15 Agustus 2019 secara serentak se Indonesia," ujar H. M. Idris.

Dikatakannya, pada KSM kali ini dilaksanakan dengan sistem berbasis komputer, yaitu Computer Based Test (CBT). Lokasi pelaksanaan tes di beberapa madrasah di kota Banda Aceh, yaitu MAN 1, MAN 2, MTsN 1, MTsN 2, MTsN 4.     

"Pesertanya adalah siswa siswi madrasah dan juga ada siswa siswi sekolah dari seluruh kabupaten kota di Aceh, jumlah total peserta 531 siswa," jelas Idris.

Ia menjelaskan bidang studi yang diujiankan ada 11, yaitu, tingkat MI: Matematika terintegrasi & IPA terintegrasi, tingkat MTS: Matematika terintegrasi, IPA terpadu terintegrasi, IPS terpadu terintegrasi, tingkat MA : Matematika terintegrasi, Fisika terintegrasi, kimia terintegrasi, biologi terintegrasi, ekonomi terintegrasi, geografi terintegrasi.

Menurutnya, disebut terintegrasi karena soal-soal sains yang diujikan diintegrasikan dengan konsep keislaman, sesuai dengan masing-masing bidang studi.

Dijadwalkan, acara pembukaan KSM insyaallah akan dilaksanakan besok, Rabu 14 Agustus pukul 14.30 Wib, bertempat di Aula Asrama Haji banda Aceh yang akan dibuka oleh Kakanwil Kemenag Aceh,  Drs. H. M. Daud Pakeh.

Ia juga mengatakan Kompetisi Sains Madrasah merupakan ajang kompetisi bakat dan minat di bidang sains antar siswa madrasah di seluruh Indonesia. Pelaksanaannya dibuat berjenjang mulai dari tingkat satuan pendidikan (madrasah), kabupaten/kota, provinsi, hingga nasional.

Melalui KSM diharapkan kompetisi ini mampu mengembangkan bakat dan minat siswa dalam bidang sains sehingga menjadi manusia yang mencintai bidang keilmuan dan mampu berkompetisi di tingkat internasional.[pd]

Editor :
Pondek

Komentar Anda