Beranda / Berita / Aceh / Awal Tahun 2024, Ketua PMI Banda Aceh Ajak Masyarakat Donor Darah

Awal Tahun 2024, Ketua PMI Banda Aceh Ajak Masyarakat Donor Darah

Selasa, 02 Januari 2024 09:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Ketua PMI Kota Banda Aceh Ahmad Haeqal Asri melakukan donor darah bersama Ketua Blood For Life Foundation (BLFL) Indonesia, Michael Octaviano, Senin (1/1/2024). [Foto: dok. PMI BNA]


DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Ketua PMI Kota Banda Aceh Ahmad Haeqal Asri mengajak masyarakat Aceh, khususnya Kota Banda Aceh dan sekitarnya untuk memulai tahun baru dengan aktivitas mulia, yaitu mendonorkan darah untuk pasien yang membutuhkan di rumah sakit.

Seruan itu ia sampaikan usai berdonor darah di Unit Donor Darah PMI Kota Banda Aceh, Senin (1/1/2024). Turut ikut serta dalam donor darah sukarela bersama Ketua PMI Kota Banda Aceh ialah Ketua Blood For Life Foundation (BLFL) Indonesia, Michael Octaviano.

Haeqal mengatakan, permintaan darah yang masuk ke PMI Kota Banda Aceh dari pasien di berbagai rumah sakit dan klinik setiap harinya berjumlah 150-200 kantong. Pada kondisi normal permintaan darah ini bisa dipenuhi oleh Unit Donor Darah PMI Kota Banda Aceh karena kegiatan donor darah bersama ASN Pemerintah Aceh, TNI-Polri, serta pihak swasta dan komunitas berjalan lancar. Namun, lanjutnya, kondisi berbeda pada akhir tahun.

“SKPA selesai kegiatan donor darah di bulan November, jadi selama Desember kita lebih banyak kegiatan donor bersama komunitas, jemaah masjid, dan di warung kopi. Makanya akhir tahun dan awal tahun kita kekurangan stok darah. Tapi kami tetap mengusahakan yang terbaik untuk bisa penuhi setiap permintaan darah yang masuk ke PMI Banda Aceh,” ujar Haeqal usai berdonor darah.

Ia berharap masyarakat Aceh, khususnya Banda Aceh, tergerak untuk memulai awal tahun dengan mendonasikan darah untuk menyelamatkan sesama, karena ada banyak pasien di rumah sakit yang kesulitan mendapatkan darah untuk kebutuhan pengobatannya.

Hal serupa juga disampaikan Ketua BFLF Indonesia, Michael Octaviano. Ia mengajak seluruh elemen masyarakat, khususnya yang berada di Banda Aceh dan sekitarnya, untuk membantu saudara di rumah sakit yang membutuhkan darah dengan mendonorkan darahnya di PMI.

“Saya mengajak seluruh masyarakat agar ikut mendonorkan darah dalam rangka menyambut tahun baru 2024. Di mana masih banyak saudara-saudara kita yang membutuhkan (darah),” ujar Michael usai berdonor darah bersama Ketua PMI Kota Banda Aceh, Ahmad Haeqal Asri.

Ia menyebutkan, selain membantu menyelamatkan nyawa orang lain, kegiatan donor darah juga memberi manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh pendonor, seperti menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, hingga menurunkan risiko kanker. 

“Dan yang lebih penting adalah mendapatkan pahala dari Allah,” tutur Michael.

Bagi masyarakat Banda Aceh dan sekitarnya yang ingin melakukan donor darah, bisa melakukannya di Gedung Unit Donor Darah PMI Kota Banda Aceh yang berlokasi di depan Stadion H. Dimurthala, Lampineung, Banda Aceh.

Pelayanan donor darah PMI Kota Banda Aceh berlangsung setiap hari mulai pukul 08.00 WIB s/d 22.00 WIB. Sementara permintaan darah bisa dilakukan melalui Call Center UDD PMI Kota Banda Aceh pada nomor 08116815800. [*]

Keyword:


Editor :
Indri

kip
riset-JSI
Komentar Anda