Dialeksis - Akurat, Tajam, dan Strategis
Beranda / Berita / Aceh / Aceh Tak Masuk Rute Penerbangan Murah

Aceh Tak Masuk Rute Penerbangan Murah

Senin, 15 Juli 2019 21:00 WIB

Anggota Komisi VI DPR Fadhlullah. [FOTO: Antara]

DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Anggota Komisi VI DPR Fadhlullah menyayangkan Provinsi Aceh tidak masuk dalam rute penerbangan murah untuk pesawat berbiaya murah Low Cost Carrier (LCC) sebesar 50 persen dari tarif batas atas pada hari dan jam tertentu.

"Pemerintah secara resmi telah menurunkan tarif pesawat udara sebesar 50 persen dari Tarif Batas Atas (TBA) untuk penerbangan berbiaya murah domestik, yang mulai berlaku pada Kamis, namun Aceh tidak masuk dalamnya," katanya, Senin (15/7/2019).

Ia menjelaskan sebagai daerah yang berada di ujung paling barat Indonesia dan memiliki beragam objek wisata, seharusnya Pemerintah dan pihak maskapai dapat memasukkan Aceh dalam salah satu rute penerbangan murah.

"Setelah kami pelajari dari rute-rute yang diumumkan oleh maskapai penerbangan, Aceh tidak masuk dalam daftar yang mendapatkan diskon 50 persen sehingga biaya perjalanan ke Aceh tetap mahal dan tidak berdampak dengan kebijakan tersebut," imbuhnya.

Menurut dia, meningkatnya kunjungan wisatawan ke sebuah kawasan akan berdampak positif kepada semua sektor dan hal tersebut sangat didukung dengan biaya perjalanan yang terjangkau.

Sebelumnya maskapai berbiaya hemat Citilink Indonesia mengimplementasikan kebijakan yang dikeluarkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia terkait penyesuaian harga tiket pesawat LCC sebesar 50 persen dari Tarif Batas Atas (TBA) yang diberlakukan mulai 11 Juli 2019.

Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo dalam keterangannya di Jakarta mengatakan Citilink Indonesia memastikan implementasi kebijakan tersebut berjalan dengan lancar.

Penyesuaian harga tiket ini sejalan dengan komitmen Citilink Indonesia dalam menyediakan penerbangan dengan harga terjangkau bagi masyarakat.

Penurunan harga tiket pesawat sebesar 50 persen dari TBA diberlakukan untuk rute-rute tertentu dengan jadwal penerbangan setiap Selasa, Kamis dan Sabtu pukul 10.00 14.00 waktu setempat.

Citilink Indonesia akan mengalokasikan 3.348 kursi dengan 62 penerbangan yang akan mengalami penyesuaian harga ini setiap harinya.

Adapun rute-rute yang mengalami penyesuaian harga tiket diantaranya adalah rute Jakarta Medan pp, Jakarta Yogyakarta pp, Makassar Surabaya pp, Jakarta Denpasar pp, Balikpapan Denpasar pp, Surabaya Banjarmasin pp, Jakarta Solo pp, Jakarta Malang pp, Batam Pekanbaru pp, Jakarta Pangkal Pinang pp, Jakarta Bengkulu, Kertajati Pekanbaru, Medan Yogyakarta dan berbagai rute lainnya.(red/Antara)


Editor :
Makmur Emnur

Komentar Anda