Beranda / Berita / Aceh / 1.488 Mahasiswa Unsyiah KKN di Aceh Jaya

1.488 Mahasiswa Unsyiah KKN di Aceh Jaya

Jum`at, 11 Januari 2019 12:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Foto: unsyiah.ac.id

DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Sebanyak 1.488 orang mahasiswa Universitas Syiah Kuala mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Aceh Jaya, yang dilaksanakan mulai tanggal 9 Januari – 8 Februari 2019. Para mahasiswa ini dilepas oleh Rektor Unsyiah Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng di gedung Kantor Pusat Administrasi (KPA) Unsyiah, Rabu (9/1).

Dalam sambutannya Rektor berpesan, setiap mahasiswa Unsyiah harus bersungguh-sungguh mengikuti KKN. Sebab inilah kesempatan mereka untuk belajar dan mengaplikasikan ilmu yang telah mereka dapatkan selama di bangku kuliah. Melalui KKN, mahasiswa dilatih untuk mengembangkan potensi dirinya dengan terjun langsung di masyarakat. 

Rektor berharap, dalam pelaksanaan KKN ini mahasiswa Unsyiah harus mampu melaksanakan program-program yang bermanfaat bagi masyarakat. Secara khusus Rektor mengajak mahasiswa Unsyiah untuk mengembangkan semangat literasi baik untuk dirinya sendiri ataupun bagi masyarakat. 

Sebab menurut Rektor, saat ini budaya literasi kita masih tergolong sangat lemah. Dan hal ini sangat berpengaruh terhadap kualitas sumber daya manusia, yang merupakan modal penting pembangunan. 

"Berapa banyak buku yang kita baca? Dan apa yang anda dapatkan dari buku tersebut. Ini penting, karena saat ini revolusi industri 4.0 dititik beratkan pada literasi data, maka kita harus bisa menguasai hal tersebut," ucap Rektor. 

Selain itu, Rektor juga mengingatkan mahasiswa Unsyiah untuk selalu menjaga sikap dan prilakunya dalam bergaul bersama masyarakat. Mereka harus mampu menjadi teladan dan menjaga nama baik Unsyiah. 

"Karena kalian harus mampu mengubah wajah Aceh menjadi lebih baik, yaitu dengan semangat kejujuran, berprilaku yang baik dan cerdas secara intlektual. Karena hal itu pula yang menjadi modal kalian untuk sukses di masa depan," pesan Rektor. 

Kepala Pusat Pelaksanaan dan Pengembangan Kuliah Kerja Nyata (P3KKN) Unsyiah Prof. Dr. drh. Tongku Nizwan Siregar, M.P menjelaskan, KKN Unsyiah kali ini merupakan priode ke 16 dari KKN Unsyiah yang terdiri dari KKN reguler dan KKN PPL Terintegrasi. Di mana para mahasiswa ini akan dibimbing sebanyak 50 orang dosen pembimbing. 

Tongku juga mengatakan, mahasiswa KKN ini nantinya akan disebar di sembilan kecamatan yang terdiri dari 171 gampong yang ada di Aceh Jaya. Di mana jumlahnya terdiri dari 113 mahasiswa di Kecamatan Setia Bakti, 169 mahasiswa di Kecamatan Panga, 153 mahasiswa di Kecamatan Krueng Sabee, 169 mahasiswa di Kecamatan Darul Hikmah, 167 mahasiswa di Kecamatan Teunom, 124 mahasiswa di Kecamatan Indra Jaya, 165 mahasiswa di Kecamatan Sampoinet, 109 mahasiswa di Kecamatan Pasie Raya dan 290 mahasiswa di Kecamatan Jaya. 

"Setelah pelepasan hari ini, para mahasiswa akan langsung berangkat ke Aceh Jaya. Dan di sana mereka akan disambut oleh Bupati Aceh Jaya," ucap Tongku. (husk)

Keyword:


Editor :
Indri

riset-JSI
Komentar Anda