Beranda / Berita / Aceh / 101 JCH Tahun 2024 Ikut Bimbingan Manasik Haji IPHI Banda Aceh

101 JCH Tahun 2024 Ikut Bimbingan Manasik Haji IPHI Banda Aceh

Senin, 04 Desember 2023 10:00 WIB

Font: Ukuran: - +


DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Sebanyak 101 Jamaah Calon Haji (JCH) yang akan berangkat ke Tanah Suci Mekkah Al-Mukarramah Arab Saudi mengikuti bimbingan manasik Haji di Mesjid Oman Al Makmur Gampong Bandar Baru Kuta Alam Banda Aceh, Minggu (3/12/2023).

Kegiatan ini diadakan oleh Pengurus Daerah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (PD IPHI) Kota Banda Aceh dan dibuka secara resmi oleh Pj Wali Kota Banda Aceh H Amiruddin, SE, M.Si. 

Wali Kota Banda Aceh H Amiruddin dalam sambutannya menyampaikan Haji merupakan sebuah perjalanan spiritual yang sangat penting bagi umat Muslim.

Haji adalah salah satu dari lima rukun Islam dan merupakan kewajiban bagi setiap muslim yang mampu melakukannya. Ia adalah ibadah yang penuh makna dan merupakan kesempatan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

“Haji merupakan salah satu dari rukun Islam yang kelima, ia adalah perjalanan spiritual yang penting bagi umat Islam dan suatu kewajiban bagi orang Islam bagi yang mampu melaksanakannya untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta," ujar Amiruddin. 

Ia menambahkan Bimbingan manasik haji adalah kesempatan bagi kita untuk mempersiapkan diri secara mental dan spiritual, selama bimbingan manasik haji kita akan mempelajari tata cara pelaksanaan ibadah haji, mengenal tempat-tempat suci, dan memahami makna dari setiap ritual yang akan kita lakukan. 

Selain itu bimbingan manasik haji juga memberikan kesempatan bagi kita untuk belajar tentang nilai-nilai penting dalam kehidupan, seperti kesabaran, kerjasama dan keikhlasan. 

“Kita akan belajar nilai-nilai penting dalam kehidupan sehari-hari, seperti sabar, ikhlas, dan kerjasama dalam manasik haji ini” tambahnya. 

Di akhir sambutannya Pj Wali Kota mengajak kita semua Jamaah Calon Haji ini untuk mengikuti bimbingan manasik haji dengan penuh keikhlasan dan kesadaran.

“Mari kita jadikan bimbingan manasik haji ini sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas diri dan terus belajar untuk lebih baik, mari kita jadikan bimbingan manasik haji ini sebagai momentum untuk merenungkan hidup kita, memperbaiki diri dan berkomitmen untuk menjalankan ajaran Islam dengan sebaik-baiknya” Ajak H Amiruddin mantan Sekda Kota Banda Aceh. 

Kepala Kantor Kementerian Agama Banda Aceh H Salman S.Pd. M.Ag dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada PD IPHI Kota Banda Aceh yang telah membantu Kementerian Agama Banda Aceh dalam membina, membimbing Jamaah Calon Jamaah Haji Banda Aceh.

"Terima kasih kepada Ketua IPHI Kota Banda Aceh dan seluruh jajarannya serta seluruh panitia yang telah bekerja siang malam untuk mensukseskan kegiatan ini,"katanya.

Menurutnya, hal ini merupakan tugas Kementerian Agama bersama Pemerintah Daerah untuk membimbing, membina Jamaah Calon Haji Kota Banda Aceh.

"Sekali lagi kami ucapkan terima kasih kepada PD IPHI Kota Banda Aceh yang telah membantu Kementerian Agama Banda Aceh."ujarnya

Ia juga menyebutkan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BIPIH) tahun 2024 ada peningkatan sedikit dibandingkan tahun yang lalu. 

“Biaya Haji tahun ini ada peningkatan sedikit dibandingkan tahun yang lalu, sebab namanya saja Ongkos Naik Haji, Ongkos Turun tidak ada, makanya selalu naik tiap tahun” Pungkas H Salman yang baru sebulan menjabat Kakankemenag Banda Aceh. 

Sementara Ketua Panitia Pelaksana Bimbingan Manasik Haji IPHI Kota Banda Aceh H Bahari Hasyim menyampaikan laporan bahwa Bimbingan Manasik Haji ini diikuti 101 Jamaah Calon Haji yang terdiri dari 36 orang peserta Pria dan 65 orang peserta Wanita. 

Bimbingan ini akan dilaksanakan mulai 3 Desember 2023 dan berakhir 25 Feberuari 2024 dengan jumlah pertemuan sebanyak 13 kali pertemuan yang diadakan setiap minggu pukul 08.30 sampai 12.15 WIB di Mesjid Oman Al-Makmur Gampong Bandar Baru Kuta Alam Banda Aceh, demikian H. Bahari Hasyim. 

Keyword:


Editor :
Zulkarnaini

kip
riset-JSI
Komentar Anda