Logo Dialeksis
Beranda / Aceh Hebat / Tahun 2020, Pemerintah Aceh akan Aliri Listrik Gratis Bagi Ratusan Masyarakat Miskin

Tahun 2020, Pemerintah Aceh akan Aliri Listrik Gratis Bagi Ratusan Masyarakat Miskin

Kamis, 09 Januari 2020 07:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Pemasangan listrik gratis untuk keluarga miskin. [Foto: Humas Aceh]

DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Pemerintah Aceh melalui Dinas Energi Sumber Daya Energi (ESDM) akan melanjutkan program pemasangan listrik gratis bagi masyarakat miskin di Aceh setelah di tahun 2019 lalu program tersebut telah 'menerangi' 5.844 rumah warga. 

Kepala Dinas ESDM Aceh, Mahdinur, mengatakan pada tahun ini pihaknya akan kembali menyalurkan listrik gratis untuk 920 rumah tangga miskin di enam kabupaten. Enam kabupaten itu, meliputi Aceh Timur, Aceh Utara, Bireuen, Gayo Lues, Aceh Barat Daya dan Aceh Tenggara. 

"Masing-masing rumah itu akan dipasangkan listrik dua amper," kata Mahdinur, Rabu (8/1/2020).

Ia merinci bahwa untuk Kabupaten Aceh Timur, Aceh Utara, Bireuen dan Gayo Lues, akan disalurkan listrik bagi 200 rumah. Sementara ada 80 sambungan listrik bagi masyarakat Aceh Barat Daya serta 40 rumah di Aceh Tenggara.

Mahdinur menyebutkan Pemerintah Aceh secara bertahap akan melakukan penyaluran listrik gratis bagi seluruh masyarakat miskin di seluruh Aceh. Ia menargetkan pada tahun 2022 mendatang seluruh masyarakat di Aceh sudah dapat menerima akses energi listrik. 

"Harapan kita bantuan pemerintah tersebut bisa tepat sasaran," kata Mahdinur. 

Penyediaan listrik bagi keluarga miskin merupakan salah satu program Pemerintah Aceh, yaitu Aceh Energi. Selama dua tahun Pemerintahan Aceh Hebat, hampir 100 persen rumah sederhana di Aceh telah dialiri listrik, di samping juga beberapa kontrak industri energi yang telah diteken. (h/rls)


Editor :
Indri

riset-JSI
Komentar Anda