Dialeksis - Akurat, Tajam, dan Strategis
Beranda / Berita / Nasional / Bin punya alat canggih buru Pembuat Hoaxs di Medsos

Bin punya alat canggih buru Pembuat Hoaxs di Medsos

Jum`at, 16 Maret 2018 23:00 WIB

Ilustrasi: nusakini.com

Dialeksis.com, Jakata-- Badan Intelijen Negara (BIN) tak membiarkan hoaks dan ujaran kebencian berseliweran di media sosial. Lembaga telik sandi pimpinan Budi Gunawan itu punya tim patroli siber yang mampu menelusuri hoaks dan asal-usulnya.

Direktur Komunikasi dan Informasi BIN Wawan Hari Purwanto mengungkapkan, sangat mudah bagi lembaganya untuk menemukan hoaks dan pembuatnya. Menurutnya, BIN memiliki peralatan canggih untuk itu.

"Mudah sekali untuk menemukan siapa pengunggah pertama. Dan kebanyakan pasti ketemu itu," ujarnya seperti diberitakan JawaPos.Com.

Direktur Komunikasi dan Informasi Badan Intelijen Negara Wawan Hari Purwanto ( Foto: Kompas/Fabian Januarius Kuwado)Direktur Komunikasi dan Informasi Badan Intelijen Negara Wawan Hari Purwanto ( Foto: Kompas/Fabian Januarius Kuwado)

Meski demikian, Wawan mengharapkan para pembuat hoaks tak serta-merta diproses hukum. Sebab, jika merujuk temuan BIN, banyaknya pembuat hoaks akan membuat penjara penuh.

"Kami ingin ada sikap mendidik, menasihati satu sama lain. Nanti penjara penuh sama penyebar hoaks, jumlahnya begitu banyak sampai jutaan kan malah repot," lanjut Wawan.

Dosen di sejumlah perguruan tinggi itu mengharapkan ada proses literasi bagi warganet. Tujuannya agar di kalangan warganet ada sikap asah, asih dan asuh.

Wawan meyakini meningkatnya kesadaran warganet akan membuat informasi yang beradar tak ditelan mentah-mentah. ā€œDiharapkan saudara kita lebih paham bahwa di era yang sedemikian rupa lebih dewasa di dalamnya," pungkas Wawan.(sat/JPC/JPNN)

Editor :
HARIS M

IKLAN PKS LEBARAN
ISBI ACEH
Komentar Anda