Logo Dialeksis
obama market
Beranda / Berita / Aceh / Jelang Ramadhan, Harga Komoditas Pangan di Aceh Tamiang Merangkak Naik

Jelang Ramadhan, Harga Komoditas Pangan di Aceh Tamiang Merangkak Naik

Sabtu, 04 Mei 2019 15:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Para pembeli sedang membeli cabai dan komoditas pangan lainnya di pajak kedai atas kota Kualasimpang. (Foto: M. Hendra Vramenia)


DIALEKSIS.COM | Aceh Tamiang - Jelang bulan suci Ramadhan tahun 2019, harga se­jum­lah komoditas pangan yang dijual di pajak atas Kota Kualasimpang, Kabupaten Aceh Tamiang terpantau me­rangkak naik.

Sejumlah komoditas yang mulai ma­hal seperti cabai me­rah yang sebelumnya Rp 40 ribu/kg kini melejit men­jadi Rp60 ribu/kg. Harga bawang putih naiknya signifikan yakni Rp 60 ri­bu/kg. Cabai hijau, cabai rawit dan ba­wang merah juga naik berkisar Rp30 ribu-Rp40 ribu/kg.

“Karena harganya naik semua saya cuma beli bumbu dapur secukupnya saja dan hanya untuk kebutuhan meugang saja,” ujar seorang pembeli, Siti yang ditemui di Pajak Kedai Atas Kota Kualasimpang, Sabtu (4/5/2019).

Ibu rumah tangga (IRT) ini meng­aku terkejut ketika me­nawar harga ca­bai merah hingga tembus Rp60 ribu/kg. Pa­dahal sebulan yang lalu, harga komodi­tas ini harganya hanya Rp 40 ribu perkilonya. 

Siti berharap harga kebutuhan ba­han pokok menyambut bulan puasa tahun ini bisa normal, sehingga masyarakat da­pat menjangkau bahan-bahan kebutuhan yang mau dibeli di pasar.

“Pihaknya berharap kepada Pemkab Aceh Tamiang melalui intansi terkait melakukan sidak dan mengontrol harga di pasar, agar kenaikkan bahan po­kok tidak begitu liar membebani ma­sya­­rakat kecil," harap Siti.

Sementara itu, harga ayam ras potong di seputaran Karang Baru dan Kualasimpang rata-rata dijual Rp25 ribu-Rp27 ribu/kg. Sedangkan ayam kampung, selain pasokan tipis harganya juga naik Rp60 ribu/ekor atau disesuaikan ukuran.

Sedangkan harga ikan laut segar masih relatif stabil. Har­ga ikan kakap dan bawal masih Rp60 ribu-Rp70 ribu/kg. Harga ikan tuna/tongkol sedikit naik Rp45 ribu/kg.

Kadis Koperindag Aceh Tamiang, Drs Zagusli yang di­konfirmasi Dialeksis.com, Sabtu (4/5/2019) belum berhasil dihubungi. Informasi yang diterima Dialeksis.com, guna membantu masyarakat kecil dan upaya men­stabilkan harga barang jelang Ramadan, Dinas Koperindag setempat sejak dua hari terakhir telah menggelar pasar mu­rah di bebera­pa titik kecamatan. 

“Pasar murah su­dah berjalan dua hari, kamis di Kecamatan Manyak Payed dan Jumat di Kota Kualasimpang,” kata seorang PNS di dinas tersebut. (MHV)


Reporter :
Hendra
Editor :
Indri

obama market 2
Tsunami
Komentar Anda