Beranda / Ekonomi / Musim Maulid, Harga Sembako Stabil di Pasar Rukoh Darussalam

Musim Maulid, Harga Sembako Stabil di Pasar Rukoh Darussalam

Selasa, 24 September 2024 18:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : Nora

Kondisi Pasar Rukoh, Darussalam, Banda Aceh. Foto: Nora/Dialeksis


DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Fauzan, pedagang di Pasar Rukoh, Darussalam, Banda Aceh menyampaikan bahwa harga sembako di pasar tersebut masih terpantau stabil meskipun sedang memasuki musim Maulid Nabi. 

"Sejauh ini, harga-harga masih stabil. Cabe rawit jenis bencong atau setan masih di kisaran Rp45.000 hingga Rp55.000 per kilogram. Bawang merah bertahan di Rp25.000 per kilogram, cabe merah Rp35.000 per kilogram, dan bawang putih sekitar Rp38.000 per kilogram," ujar Fauzan ketika diwawancarai pada Selasa (24/9/2024). 

Menurutnya, meskipun saat ini memasuki musim Maulid, kenaikan harga sembako bukan dipicu oleh perayaan tersebut.

“Bukan karena Maulid harganya jadi mahal. Tapi memang daya beli masyarakat yang meningkat karena persiapan Maulid. Banyak yang membeli bahan makanan untuk kenduri, jadi permintaan lebih tinggi dari biasanya,” katanya.

Fauzan memprediksi bahwa harga sembako akan naik saat memasuki Maulid kedua, yaitu ketika puncak perayaan lebih banyak dilakukan masyarakat. 

"Biasanya, kenaikan harga akan mulai terasa pada Maulid kedua dan puncaknya di akhir masa perayaan Maulid. Permintaan semakin tinggi karena banyak warga yang melaksanakan kenduri besar-besaran," jelasnya.***

Keyword:


Editor :
Alfi Nora

riset-JSI
Komentar Anda