Dialeksis - Akurat, Tajam, dan Strategis
Beranda / Berita / Aceh / Monitoring Media JSI : Berita Positif dominasi Paslon Jokowi Ma’ruf

Monitoring Media JSI : Berita Positif dominasi Paslon Jokowi Ma’ruf

Sabtu, 23 Maret 2019 13:43 WIB


ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Jaringan Survei Inisiatif (JSI) kembali melakukan media monitoring terkait pemberitaan pemilu presiden dan Wakil Presiden  2019 di Media Cetak dan Daring.  Dari Hasil Monitoring sejak 17 Februari 2018 sampai dengan 19 Maret 2019, didapatkan hasil Paslon no urut 01 Joko Widodo- Maruf Amin masih mendominasi pemberitaan sebesar 37 persen. Sementara Paslon 02 sebesar 36 persen. Adapun  untuk 27 persen masih ragu (minus respon ketertarikan membaca informasi 01 dan 02).

Monitoring ini menggunakan basis data media yang ada di Indonesia, baik cetak dan daring serta bisa dilakukan di semua sektor (provinsi dan kabupaten kota).

Pengumpulan data  dilakukan dengan melibatkan 10 media cetak dan online di Aceh.  Media yang menjadi basis pengumpulan data antara lain Serambi Indonesia, AJNN,  Dialeksis, Modus Aceh,Detik, Kompas, Antara Aceh, Kumparan, RRI News, dan Tribun News.

Sebanyak 3736 pemberitaan dianalisis dalam waktu tiga bulan dan dipilih secara acak menggunakan pencuplikan proporsional bertingkat berdasarkan jumlah media di Aceh. Menggunakan metode ini, pada tingkat kepercayaan 95 persen, nirpencuplikan penelitian sebesar +/- 3,2 persen.

“ Untuk kategori Top Person alias sosok yang paling sering diulas di Media Massa,dalam rentang waktu 17 Februari 2018 sampai maret 2019,  Joko Widodo masih unggul dengan 427 berita. Demikian juga dari segi top influncer atau pernyataan, Joko widodo juga memimpin dengan 1000 statemen. Sementara Rivalnya Prabowo Subianto  72 berita dan 220 statemen “ ungkap Peneliti JSI, Saddam Rassanjani.

Saddam mengatakan perlu kerja keras dalam 1 bulan ini untuk meningkatkan performa di tengah masyarakat dari sisi pemberitaan positif. (REL)

Editor :
Pondek

universitas teuku umar
Komentar Anda