Dialeksis - Akurat, Tajam, dan Strategis
Beranda / Berita / Dunia / Emir Qatar akan bertemu Trump di Gedung Putih

Emir Qatar akan bertemu Trump di Gedung Putih

Sabtu, 07 April 2018 11:03 WIB

Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani usai menghadiri KTT Organisasi Kerjasama Islam (OKI) luar biasa di Istanbul, Turki Desember 2017. (foto::aagency).


DIALEKSIS.COM, Washington - Gedung Putih mengumumkan bahwa Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani akan mengadakan pertemuan di Gedung Putih pada 10 April.

Kdua pemimpin akan membahas langkah-langkah untuk mengembangkan prioritas ekonomi dan keamanan bersama serta memperkuat hubungan antara kedua negara. Sebelumnya, Trump juga melakukan pertemuan dengan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman dan membangun kedekatan dengan Riyadh soal kebijakan Timur Tengah.

Pertemuan Trump dan Emir Qatar dikabarkan dapat mempengaruhi perkembangan dan kebijakan Teluk serta perkembangan Suriah. "Presiden dan Emir setuju pentingnya persatuan regional untuk mengatasi ancaman keamanan dan memastikan kesejahteraan masyarakat di wilayah tersebut," kata pejabar Gedung Putih.

Trump juga "menekankan pentingnya menyelesaikan permasalahan Teluk dan mengembalikan persatuan GCC untuk melawan pengaruh Iran yang merusak dan mengalahkan teroris dan ekstremis" dalam perbincangan telepon dengan Raja Salman pada Senin, terang Gedung Putih melalui pernyataan berbeda.

Dalam pembicaraan tersebut, Trump dan Salman lebih lanjut menyetujui untuk "menghidupkan kembali" usaha-usaha menemukan resolusi politik untuk mengakhiri perang di Yaman, di mana Trump "menyatakan solidaritasnya dengan Arab Saudi setelah serangan rudal balistik oleh pemberontak Houthi yang didukung oleh Korps Pengawal Revolusi Islam Iran (Iranian Islamic Revolutionary Guard Corps/IRGC)i pada 25 Maret lalu.

"Para pemimpin mendiskusikan berbagai isu regional, termasuk pentingnya mencapai kesepakatan damai antara Israel dan Palestina juga penguatan kerja sama strategis Amerika-Arab Saudi," tulis pernyataan itu. (*/aa.com.tr) 


Editor :
Ampuh Devayan

universitas teuku umar
Komentar Anda