Dialeksis - Akurat, Tajam, dan Strategis
Beranda / Berita / Dunia / Dua kader Muslim Demokrat Berpeluang Mengisi Jabatan Publik di Amerika Serikat

Dua kader Muslim Demokrat Berpeluang Mengisi Jabatan Publik di Amerika Serikat

Kamis, 16 Agustus 2018 13:31 WIB


DIALEKSIS.COM I Minnesota - Dalam pemilihan internal Partai Demokrat, seorang mantan pengungsi Somalia memenangkan pertarungan dan membuka jalannya untuk menjadi perempuan Muslim pertama di Kongres. Sementara itu seorang politikus yang sudah menjadi anggota Kongres Muslim  pertama di Minnesota terpilih sebagai kandidat jaksa agung.

Muslimat asal Somalia

Ilhan Omar, seorang pengungsi dari Somalia yang tiba ke AS saat remaja, memenangkan pemilihan internal partai Demokrat dalam kontes pertama yang dijalaninya di distrik kelima negara bagian itu.

Kemenangan itu menempatkan politikus berusia 36 tahun itu dalam posisi yang kuat untuk menjadi salah satu perempuan Muslim pertama yang akan menjadi anggota Kongres dalam Pemilu Sela bulan November mendatang.

"Malam ini, kita merayakan (kemenangan ini) karena kita melibatkan dan memberdayakan komunitas kita dan kita menang," cuitnya di Twitter.

Calon Jaksa Agung Muslim Pertama

Lain lagi dengan anggota Kongres dari Minnesota yang bernama Keith Ellison. Ia memenangkan pemilihan internal Demokrat untuk jabatan jaksa agung, di tengah serangan tuduhan pelecehan yang muncul beberapa hari sebelum pemungutan suara. 

Muslim pertama yang menjadi anggota kongres dan wakil ketua Komite Nasional Demokrat itu pekan lalu mendapat tuduhan dari mantan pacarnya yang menyebutnya telah melecehkan dan menyerangnya secara seksual.

Keith Ellison membantah tegas dan menjawab tuduhan itu dalam pidato kemenangannya.

"Kami mengalami kejadian yang sangat tidak terduga di akhir," katanya.

"Saya ingin meyakinkan Anda bahwa semua itu itu tidak benar." belanya. (BBC)


Editor :
Sadam

Komentar Anda