Dialeksis - Akurat, Tajam, dan Strategis
Beranda / Berita / Aceh / KIP Aceh Resmikan Rumah Pintar Pemilu Milik KIP Bener Meriah

KIP Aceh Resmikan Rumah Pintar Pemilu Milik KIP Bener Meriah

Sabtu, 28 April 2018 12:31 WIB


Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Ridwan Hadi, SH, resmikan Rumah Pintar Pemilu (RPP) milik KIP Bener Meriah Sabtu (28/4). Peresmian itu berlangsung di kantor KIP Bener Meriah. (Foto: KBRN/RRI)


DIALEKSIS.COM, Takengon - Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Ridwan Hadi, SH, resmikan Rumah Pintar Pemilu (RPP) milik KIP Bener Meriah. Peresmian itu berlangsung di kantor KIP Bener Meriah, Sabtu jelang siang, (28/4/2018).

Ketua Panitia RPP, Hasanah, SH dalam sambutannya melaporkan, RPP merupakan konsep pendidikan pemilih untuk calon pemilih dan pemilih di Pemilu 2019 mendatang. Dalam Standar Operasional Operasional, RPP selayaknya memiliki empat ruangan, meliputi; Ruang Audio Visual, Pameran, Simulasi dan Diskusi. Namun karena keterbatasan ruangan, KIP Bener Meriah hanya memiliki satu ruang dan akan digunakan untuk pameran menyangkut dengan pengetahuan Pemilu di Bener Meriah.

Ketua KIP Bener Meriah, Mukhtaruddin melaporkan, pada tahun 2018 ini, juga dibentuk 223 RPP Se-Indonesia yang diamanahkan KPU RI.

RPP katanya, merupakan wadah penyebarluasan informasi berkenaan dengan Pemilu 2019 kepada publik. RPP itu sebut Mukhtaruddin, terbentuk atas arahan dan petunjuk KPU RI. Dengan RPP diharapkan dapat memberi informasi kepada publik sehingga dapat menekan angka Golongan Putih atau Golput pada Pemilu 2019.

Dikatakan, partisipasi pemilih di Bener Meriah pada Pilkada 2017, 84 persen atau urutan ke 3 tertinggi di Aceh setelah dikeluarkan dan Aceh Jaya, dan pada Pemiku 2019, ditarget akan menjadi 87 persen.

“RPP ini akan berlaku secara berkelanjutan sebagai wadah untuk publik mendapatkan informasi tentang Pemilu di Bener Meriah khususnya," kata Mukhtaruddin.

Peresmian RPP ini diakui Mukhtaruddin sebagai pondasi dasar, artinya masih banyak kendala yang ditemukan, kendatipun pihaknya tetap berupaya menjalankan secara maksimal. Begitupun, ruang operasional di tempatkan dibekas garasi untuk sementara waktu.

Ketua KIP Aceh, Ridwan Hadi berharap, kiranya RPP menjadi pusat pendidikan Pemilu yang berkelanjutan untuk pemilih dan calon pemilih. RPP juga diminta menjadi wadah diskusi antar instansi dan para pihak.

"Kita akui gedung RPP KIP Bener Meriah belum representatif, namun ini akan terus diupayakan," kata Ridwan Hadi.

Hadir dalam acara itu, Bupati Bener Meriah Ahmadi, Ketua KIP Aceh Ridwan Hadi, ketua KIP serta komisioner KIP Bener Meriah, unsur pimpinan DPRK Bener Meriah, PPK dan 20 pengurus Parpol, Panwaslu Bener Meriah, Kepala Sekolah, dan unsur masyarakat. (KBRN/RRI)
Editor :
HARIS M

Komentar Anda