Dialeksis - Akurat, Tajam, dan Strategis
Beranda / Berita / Aceh / Kapolda Aceh pastikan TNI/Polri netral

Kapolda Aceh pastikan TNI/Polri netral

Jum`at, 23 Februari 2018 11:28 WIB


DIALEKSIS.COM | Tapaktuan - Kapolda Aceh, Irjen Pol Rio Septiana Djambak memastikan seluruh anggota TNI/Polri termasuk aparatur sipil negara (ASN) bersikap netral dalam pelaksanaan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Aceh Selatan tahun 2018.

"Saya pastikan bahwa seluruh anggota TNI/Polri termasuk ASN bersikap netral tidak memihak kepada satu pasangan calon pun. Jika ada yang bersikap tidak netral segera laporkan supaya kami tindak tegas," kata Irjen Pol Rio S Djambak kepada wartawan di Tapaktuan, Kamis.

Penegasan itu disampaikan Kapolda Aceh Irjen Rio seusai menggelar pertemuan dengan Plt Bupati Aceh Selatan, Kamarsyah, Kapolres Aceh Selatan AKBP Dedy Sadsono ST, Dandim 0107 Letkol Kav Hary Mulyanto, Komisioner KIP dan Panwaslih dan juga para pasangan calon.

Menurut Kapolda, kedatangannya ke Aceh Selatan khusus dalam rangka melakukan pemantauan kesiapan pelaksanaan Pilkada 2018.

Sebelum ke Aceh Selatan, Kapolda Aceh juga telah melakukan pemantauan serta pertemuan dengan pejabat terkait di Pemko Subulussalam sebagai bagian dari langkah pihaknya melakukan pengecekan kesiapan Pilkada di daerah tersebut.

"Kita memfokuskan perhatian terhadap tiga kabupaten/kota di Aceh yang saat ini sedang melakukan persiapan pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2018 yakni Kabupaten Pidie Jaya, Aceh Selatan dan Pemko Subulussalam," ujarnya.

Pihaknya, lanjut Kapolda, memastikan pengamanan pelaksanaan Pilkada di tiga kabupaten/kota tersebut akan berjalan lancar dan kondusif.

Untuk itu, Kapolda mengharapkan kepada seluruh lapisan masyarakat di tiga kabupaten/kota tersebut khususnya Kabupaten Aceh Selatan, dapat menyampaikan aspirasinya secara bebas dan gunakan hak suaranya masing-masing secara bertanggungjawab. Masyarakat diminta tidak usah takut terhadap upaya intimidasi dan tekanan dari pihak manapun.

"Tadi saya telah menggelar pertemuan dengan Plt Bupati Aceh Selatan termasuk dengan para pasangan calon dan ketua tim suksesnya masing-masing. Semua pihak telah sepakat menyukseskan pesta demokrasi ini dengan lancar tanpa ada gangguan apapun," ujarnya.

Selain itu, lanjut Kapolda, pihaknya juga telah berbincang dengan pihak Komisi Independen Pemilihan (KIP) dan Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh Selatan yang intinya masing-masing pihak telah sepekat dan berkomitmen akan menjalankan tugas pokok dan fungsinya masing-masing sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku. ANTARA
Editor :
Jaka Rasyid

pelantikan pengurus PSC (TNI)
Komentar Anda