Beranda / Ekonomi / Pemkab Aceh Besar Gelar Pangan Murah di Jantho Sport City

Pemkab Aceh Besar Gelar Pangan Murah di Jantho Sport City

Sabtu, 01 Juni 2024 22:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM menyerahkan paket sembako secara simbolis dalam gelaran pangan murah di Jantho Sport City, Sabtu (1/6/2024). [Foto: Prokopim AB]


DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Dalam rangka stabilisasi pasokan dan harga pangan, gelaran rutin Pangan Murah kembali dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar.

Kali ini, kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh Pemkab di berbagai wilayah secara bergiliran itu, berlangsung di Komplek Jantho Sport City (JSC) Kota Jantho, Aceh Besar, Sabtu (1/6/2024).

Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM mengatakan, keberlangsungan pangan murah ini tak lepas dari adanya kolaborasi antara Dinas Pangan Aceh Besar bersama dengan Perum Bulog Kanwil Aceh, dengan tujuan utama sebagai salah satu upaya untuk memberikan kepastian kepada masyarakat bahwa ketersediaan dan harga barang pokok sangat aman dan terkendali.

“Yang jelas persediaan kita sangat cukup dan sangat aman, harga juga masih terkendali. Seperti Bulog tidak hanya menyediakan beras SPHP (Stabilitas Pasokan dan Harga Pangan) tetapi juga beras premium, masyarakat bisa menikmati dengan harga di bawah harga pasar,” jelasnya.

Lebih lanjut Iswanto menambahkan, pangan murah yang digelar di komplek lapangan JSC ini merupakan bagian dari bazar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Expo Aceh Besar dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-40 Kota Jantho dan HUT ke-52 Hari Kesatuan Gerak Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (HKG TP PKK).

"Kegiatan ini tidak terlepas dari bagian bazar UMKM Expo Aceh Besar dalam rangka HUT ke-40 Kota Jantho dan HUT ke-52 HKG TP PKK," katanya.

Iswanto berharap, semoga manfaat bazar pangan murah ini bisa dirasakan oleh masyarakat dan semoga juga dengan adanya bazar ini sedikit membantu meringankan beban kebutuhan ekonomi masyarakat di saat inflasi ini.

"Semoga kegiatan bazar pasar murah ini bermanfaat bagi masyarakat dan tentunya bisa meringankan beban masyarakat yang sedang terdampak inflasi," tuturnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pangan Aceh Besar Alyadi S.Pi, MM mengatakan kegiatan pangan murah tersebut, Dinas Pangan Aceh Besar menyediakan sejumlah bahan pokok.

Diantaranya, beras 5 Kg Rp50.000, minyak 2liter Rp28.000, gula 2 kg Rp29.000 dan telur 1 papan Rp47.000. Selanjutnya cabai merah merah besar 1/2 kg Rp28.000 dan bawang merah 1/2 kg Rp26.000 dan total 1 paket Rp208.000.

Alyadi menyebutkan, saat ini kondisi perekonomian sedang mengalami fluktuasi, hingga berdampak terjadinya inflasi. Kondisi itu berpengaruh pada tingginya harga bahan pangan pokok di tengah-tengah masyarakat.

"Dampak dari inflasi tersebut tentunya sangat membebani kemampuan keuangan rumah tangga, sehingga menyebabkan berkurangnya daya beli masyarakat terutama dari kalangan keluarga kurang mampu atau rumah tangga miskin," katanya.

Menyikapi fenomena tersebut lanjutnya, Pemkab Aceh Besar, bertindak dan bergerak cepat dengan melakukan gerakan pangan murah.

"Dengan maksud, agar masyarakat bisa mendapatkan bahan pangan pokok dengan harga yang relatif lebih murah dari harga pasar namun berkualitas," katanya lagi.

Kemudian Alyadi berpesan kepada masyarakat Kota Jantho, agar memanfaatkan momentum ini untuk berbelanja guna memenuhi kebutuhan pangan keluarga. 

"Namun demikian, perlu juga kami ingatkan, berbelanjalah sesuai kebutuhan dan jangan berbelanja berdasarkan keinginan," pungkasnya. [*]

Keyword:


Editor :
Indri

riset-JSI
Komentar Anda